Thursday 5 November 2009

Sanitasi dan Higiene

Sanitasi dan higiene merupakan persyaratan mutlak bagi industri pangan sebab sanitasi serta higiene berpengaruh langsung dan tidak langsung terhadap mutu pangan serta daya awet produk dan nama baik atau citra perusahaan.

Sanitasi pangan didefinisikan sebagai suatu kondisi yang bebas dari zat-zat yang menjadi penyebab penyakit dan juga bebas dari benda asing yang tidak bisa diterima. Kondisi tersebut meliputi kegiatan-kegiatan secara aseptik dalam penyimpanan, pengolahan dan pengemasan produk makanan, pembersih dan sanitasi pabrik serta lingkungan pabrik dan kesehatan pekerja. Sanitasi yang baik dalam industri bukan hanya terletak pada kebersihan bahan baku, peralatan, ruangan dan pekerja, tetapi juga dalam penanganan dan pembuangan limbah.

Perlengkapan Pekerja di Pabrik Perikanan

Higiene pekerja yang menangani makanan juga sangat penting peranannya dalam pencegahan perpindahan penyakit ke dalam makanan. Persyaratan bagi pekerja ini sangat penting (Jenie 1988) antara lain : kesehatan yang baik, kebersihan pekerja dan kemauan untuk mengetahui tentang sanitasi.

Pengawasan higiene pekerja dapat dilakukan dengan pemeriksaan kesehatan secara periodik, menjaga kebersihaan pekerja dan memberikan pendidikan mengenai prinsip-prinsip higiene personalia. Kebiasaan pekerja ketika sedang bekerja seperti membereskan rambut dan memegang bagian tubuh lain yang tidak mendukung higiene pekerja harus dihilangkan.

Fasilitas pencucian tangan harus tersedia dalam kamar ganti pakaian, kamar kecil, dapur dan daerah pelayanan makanan. Fasilitas seperti air pencucian berupa air hangat 43,33oC sampai 53,33 oC. Sabun-sabun aseptik seperti yang digunakan di rumah-rumah sakit harus tersedia dalam jumlah cukup. Demikian juga dengan handuk saniter atau alat pengering tangan atau lap sekali pakai.

Para pekerja tidak diperkenankan untuk merokok di daerah persiapan makanan, ruang makan dan daerah pencucian alat-alat makan. Disediakan daerah merokok tertentu dan setelah merokok, pekerja harus mencuci tangannya.

Reference:
- Jenie B S L. 1988. Sanitasi Dalam Industri Pangan. Bogor: Pusat Antara Universitas Pangan dan Gizi. IPB.
- Jenie B S L, Fardiaz S. 1989. Uji Sanitasi Dalam Industri Pangan. Bogor: Lembaga Sumberdaya Informasi. IPB.


Related Articles



0 comments:

Post a Comment