Monday 23 November 2009

Pakan Ikan

Ketersediaan makanan dalam budidaya ikan secara intensif merupakan kebutuhan pokok. Kebutuhan pakan harus dipenuhi dari luar kolam, yaitu berupa makanan buatan yang dikenal dengan istilah pakan ikan atau pellet ikan.

Pakan ikan sebaiknya mengandung beberapa zat gizi yang diperlukan, antara lain protein, lemak, karbohidrat, vitamin dan mineral. Protein merupakan unsure yang paling pentiang dalam penyusunan formulasi pakan karena usaha budidaya adalah a). sebagai zat pembangaun, pengganti jarinan yang rusak, maupun bereproduksi, b). sebagai zat pengatur yang berperan dalam pembentukan enzim dan hormone (penjaga dan pengatur berbagai proses metabolism di dalam tubuh ikan), c). sebagai zat pembakar karena unsure karbin yang terkandung didalamnya dapat difungsikan sebagai sumber energi pada saat kebutuhan energi tidak terpenuhi oleh karbihidrat dan lemak. Pada umumnya ikan membutuhkan makanan yang kadar proteinnya berkisar antara 20-60%.


Lemak berfungsi sebagai sumber energi dan memebantu penyerapan mineral tertentu serta vitamin-vitamian yang terlarut dalam lemak (A, D, E dan K). Dalam kaitan dengan pakan buatan, penggunaan lemak berpengaruh terhadap rasa dan terkstur pakan yang dibuat. Oleh karena itu, lemak mempunyai peranan dalam proses metabolism dan pertumbuhan ikan. Kandungan lemak makanan ikan berkisar 4-18%.

Karbohidrat merupakan zat sumber energi dan pada umumnya berasal dari tumbuhan yang pembentukannya melalui proses fotosintesis dengan bantuan sinar matahari. Dalam formulasi pakan, karbohidrat termasuk kelompok bahan ekstrak tanpa nitrogen (BENT). BENT mengandung karbohidrat, gula, pati dan sebagaian besar dari zat-zat yang digolongkan hemiselulosa dalam bahan makanan. Kadar karbohidrat dalam makanan ikan dapat berkisar antara 10-50%.

Refference :
- Djariyah, A.S. 1998. Membuat Pellet Pkan Ikan. Yogyakarta: Kanisius.
- Sahwan, M. F. 1999. Pakan Ikan dan Udang. Jakarta: Penebar Swadaya.
- Mudjiman, A. 1999. Makanan Ikan. Jakarta: Penebar Swadaya.



Related Articles



0 comments:

Post a Comment